Tasyakuran / Selamatan Desa (Kadisah) Hari Jadi Desa Sumbersari

  • Jul 25, 2023
  • Vijay Alfaridzhi

BONDOWOSO – Selamatan Desa atau sering disebut Kadisah merupakan budaya yang berkembang di Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa timur. Dan kegiatan acara tersebut di adakan setiap tahun sekali. 

Begitu juga dengan Desa Sumbersari, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur,  yang dilaksanakan hari,  Senin (24/07/2023) Pukul 18.00 Wib. Selamatan Desa digelar menampilkan pagelaran Khotmil Qur'an dan Bersholawat. Dalam acara tersebut warga yang di undang sebanyak 250 orang yang terdiri dari guru ngaji dan warga masyarakat setempat. 

Kadisah atau selamatan desa merupakan bentuk dari rasa syukur dan kepedulian masyarakat desanya kepada pemimpin dan perangkat desanya. Tentunya semua desa mempunyai ciri khas yang berbeda-beda, dan tiap daerah pasti pelaksanaan dan sistemnya juga berbeda.

Sebagai pembukaan puncak acara, Kadisah di Desa Sumbersari yaitu sambutan dari Kepala Desa Muhammad Yono selaku Kepala Desa Sumbersari dan acara selanjutnya bersholawat yg diiringi hadrah dan untuk acara terakhir doa bersama.

Semoga dalam rangka acara tersebut warga Desa Sumbersari diberikan barokah semuanya.